Oleh: OBAT TRADISIONAL INDONESIA | 22 November 2008

Daun Sukun Penyelamat Ginjal

tanaman sukun

Natural Healing Tue, 20 Mar 2007 15:00:00 WIB

Secara empiris, banyak orang memanfaatkan daun sukun untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Selain menurunkan kadar kolesterol darah, ada pula yang menjadikannya sebagai solusi untuk menyelamatkan ginjal.

Jika saja saran dari saudara dan kerabatnya tidak diindahkan, bukan tidak mungkin Arman harus menjalani cuci darah secara rutin. Bahkan, bisa jadi bapak dua anak ini harus kehilangan ginjalnya. Rebusan daun sukun yang rutin diminum mampu menyelamatkan ginjalnya dan menjamin rutinitas hariannya tetap berjalan.

Sebelum rutin minum ramuan daun sukun yang telah dikeringkan setengah tahun lalu, Arman mengeluhkan badannya mudah lelah, lesu, dan kesegaran wajahnya jauh berkurang. la juga tersiksa bila ingin buang air kecil. “Sungguh menyiksa, selain lama, keluarnya juga sedikit. Nunggunya yang berjam-jam itu benar-benar membuat saya tersiksa,” ungkapnya.

Hasil pemeriksaan dokter, kondisi ginjal sebelah kiri Arman termasuk parah. Tak hanya tersiksa saat buang air kecil, berat badannya juga turun drastis, dari 70 kg menjadi 55 kg. Kondisi inilah yang memuat Arman mencoba solusi lain.

Meski awalnya muncul keraguan, saran dari saudaranya untuk minum rebusan daun sukun pun akhirnya dituruti. Ketika itu pria berusia 65 tahun ini merasa sudah mulai tak tahan lagi dengan derita yang dialami. Untunglah, meski kondisi satu ginjalnya cukup parah, Arman tidak harus menjalani cuci darah.

Menurut dokter, tak berfungsinya ginjal terjadi karena beberapa sebab. Di antaranya oleh endapan batu ginjal, pembesaran prostat, kencing manis, darah tinggi, atau penyakit imunologi. Dalam kasusnya, gagal ginjal disebabkan pembesaran prostat.

Secara medis, penurunan fungsi ginjal karena faktor usia pun akan lebih cepat berlangsung karena pembesaran prostat menyumbat saluran kemih. Seperti kebanyakan penderita, Arman baru mengeluh setelah fungsi ginjal berkurang 25-30 persen.

Sehari Segelas

Membuat ramuan rebusan daun sukun, menurut Arman, cukup sederhana dan mudah, yakni dengan merebus daun sukun yang telah dikeringkan. Air rebusan tersebut diminum setiap hari satu gelas. Diakui, mula-mula reaksinya belum terasa. Sebulan kemudian barulah terasa ada perubahan. “Badan mulai terasa lebih fit, lebih segar dan buang air kecil menjadi makin lancar,” tutur Arman.

Merasa sudah cocok dengan ramuan tersebut, ia pun meneruskan hingga sampai empat bulan. Hasilnya cukup bagus, keluhan sakit di pinggang yang dirasa sebelumnya juga jauh berkurang. Bahkan, hasil pemeriksaan dokter menyatakan, kondisi ginjalnya sudah jauh lebih baik dan sehat. Meski begitu, ia tetap rajin kontrol ke dokter, minimal satu atau dua bulan sekali.

Selain baik untuk ginjal, daun sukun ternyata juga jitu untuk meredam laju kolesterol jahat dalam darah. Seperti yang dialami oleh Imron. Menurutnya, setelah dua minggu, daun sukun mampu menurunkan kadar kolesterol darahnya.

“Ramuannya sama dengan untuk ginjal, hanya ditambah bangle. Campuran segenggam daun sukun yang telah dikeringkan dan bangle diseduh dengan air panas, seperti halnya membuat teh. Diminum setiap hari sebagai pengganti teh. Hasilnya ternyata cocok untuk saya,” papar pria pengusaha itu. Manfaat daun sukun memang sudah menjadi bagian dari sejarah pengobatan herbal Indonesia.

Daun sukun diyakini mengandung beberapa zat berkhasiat seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, riboflavin, dan sebagainya. Zat-zat ini juga mampu mengatasi peradangan.

Selain itu, secara empiris, daun sukun mampu menyelamatkan ginjal yang sakit. Sebuah riset yang dilakukan LIPI dengan peneliti asal Cina juga mengungkapkan, daun sukun sangat berguna bagi proses penyembuhan penyakit kardiovaskular.

Bambang Indro Mardi, ahli tanaman obat sekaligus pengobat alternatif dari Jakarta, mengakui bahwa daun sukun memiliki beragam manfaat untuk menjaga maupun meningkatkan kinerja ginjal, sebagai penurun kolesterol, sekaligus cocok untuk menjaga kesehatan pembuluh darah maupun jantung.

“Sejauh ini banyak orang mengaku merasakan manfaat langsung dari daun sukun, terutama untuk gangguan ginjal, kolesterol, dan asam urat,” katanya.

Tidak Terlalu Tua

Lebih lanjut, ia mengingatkan, untuk mendapatkan khasiat daun sukun secara maksimal, sebaiknya pilih daun sukun yang memiliki warna hijau mencolok alias tidak terlalu tua ataupun terlalu muda. “Kandungan klorofil atau zat hijau daun sukun itulah yang bermanfaat untuk kesehatan ( leeann-story, 15 September 2007 ).

Untuk membeli bermacam kapsul herbal, silakan Klik di Sini.

About these ads

Responses

  1. saya butuh banget yg namanya obat ramuan yg berhubungan dengan ginjal……

  2. terimakasih atas solusinya, memang dengan obat-obat tradisonal tidak ada efek sampingnya berbeda dengan obat dari dokter

  3. Saya hanya punya 1 komentar, daun sukun emang bisa menyembuhkan sakit ginjal. Karena saya sendiri telah mengalami. Saya cuma butuh duit rp.10.000 tuk beli tanaman sukun. Jadi gak usah cari kemana2. Byangin brapa ongkos kalau kalau ke dokter. kita cukup merawat tanaman sukun. Khan ada tanaman sukun yang kecil. Coba aja kalau anda sakit ginjal, moga2 cocok .

  4. Bagus tu di kembangkan aja …….dan di teruskan kepada rekan dan tetangga

  5. Mnt info kadar PH pd air rebusan daun sukun…adik saya kena gagal ginjal,tp ada bbrp teman yg mengatakan kadar ph air daun sukun rendah/asam+mengandung alumunium yg akan memperberat kerja ginjal…sy bingung nich.mhn masukan…

  6. mohon info dimana ada yg pinya tanaman daun sukun tsb, lokasi saya d sby

    saya berharap dan berusaha semaksimal mungkin bs membantu kesembuhan ibu saya yg sakit komplikasi dan sudah menjalar ke ginjal (karena skrg beliau adlh org tua satu satunya setelah bapak saya meninggal setengah tahun lalu)

    mohon bantuannya
    081.793.98887

  7. saya sangat senang sekali membca artikel ini, karna saya sedang mencari obat penyembuh ginjal saya yang sedang skit.
    sudal alam saya carai – carai
    terimakasih temen – teman

  8. Urgent,

    teman daun sukun yang diambil bagian mananya yang muda apa yang tua… butuh sekali ni…

    Helllpppp….

  9. terima kasih, jazakallah khairan kasirah. mudah2an saya bisa mencobanya,,,,,dan dengan syareat daun sukun penyakit yang saya derita sekarang sembuh…makasih

  10. bagi temen2 dan admin yang ingin pasang link situs/blog di direktori kami silahkan kunjungi: http://www.edriadaksana.com/directory/sites/
    gratis koq…
    Buat admin blog, makasih banyak dah mau nyebarin info ini.
    semoga bermanfaat.

  11. Saya telah membaca manfaat daun sukun tapi disiti tidak tertera untuk menyembuhkan sakit telinga(tuli)
    saya mohon bantuan bagaimana menggunakan daun sukun untuk menyembuhkan sakit telinga(tuli)?Terima kasih.Kirim melalui email saya.

  12. memang betul saya sudah mengkonsumsi teh sukun krn sakit ginjal sudah dinyatakan lab. + 6 dianjurkan dokter untuk cuci darah tapi saya pakai obat tradisional dengan daun sukun kini 2bulan sudah +3

  13. Terima kasih atas penjelasannya d atas,saya akan mencoba karena ayah saya menderita penyakit ginjal + darah tinggi

  14. wah. keren!

  15. makasi udah nulis informasi ini…
    saya akan nyoba u bantu penyembuhan ginjal mama..
    moga bermamfaat…

  16. terima kasih atas informasi yang anda berikan pada saya . mudah2an saya dan yang mempunyai penyakit seperti saya cepat sembuh

  17. trimakce bgt,n akn saya coba sarannya….

  18. trimakce bgt,n akn saya coba sarannya….semoga bermanfaat bagi saya dan ibu saya

  19. selain daun sukun, adalagi tidak ramuan tradisional yang lain.

  20. kalau boleh contoh daun dan pohonnya di kasih

  21. terimakasih akan ana coba, semoga dapat balasan sbg pahaka di sisi Alloh subhanahu wa ta’ala

  22. Alhamdulilah ada obat herbal yang murah dan bermanfaat sangat besar ..terimakasih atas pengetahuannya..

  23. takarannya brapa? brpa liter air? untuk merebus? brpa berat daun sukun nya? yg kering atow yg basah? tolong di bantu kirim ke e-mail some_jr@yahoo.com

  24. apakah penderita sakit ginjal itu benar 2x bs sembuh kalau kt rutin minum daun sukun dan apa tidak ada efek samping

  25. thx infonya,cuma ada bbrp literatur yg bilang justru daun yang tua yang di gunakan

  26. saya mau mencobanya untuk anak saya (rosari 6,5 thn) terkena HSP Nefritis. Trimakasih

  27. apakah aman untuk ibu hamil?

  28. @obat herbal: Silakan konsultasikan dengan dokter kandungan Anda…

  29. @Frodo: daun yg agak tua, tapi belum lepas dari pohonnya :)

  30. @Ari: HSP nefritis termasuk penyakit langka, dimana terjadi peradangan pada ginjal. Kebanyakan menyerang anak2. Semoga daun sukun bisa menyembuhkannya. Jangan lupa klik ‘mrharibudiman’ di YOUTUBE untuk mengetahui obat herbal/obat tradisional lain dan berbagai manfaatnya.

  31. @Eko Alriyanto: Secara empiris sudah banyak yg disembuhkan, efek dari obat herbal saya kira lebih sedikit dibanding obat2 kimia pabrikan :) Untuk konsultasi dan pembelian berbagai macam obat herbal/obat tradisional Anda bisa ke: http://herba-therapy.blogspot.com

  32. @Mike: tiga lembar daun sukun yg sudah dianginkan sampai kering, rebus dengan lima gelas air hingga mendidih sisakan 2 gelas. Dinginkan minum pagi sore, bisa ditambahkan dengan madu. Untuk konsultasi dan pembelian obat herbal/tradisional silakan ke : http://daunobat.blogspot.com

  33. @Rudiyono: Sama2 Mas, semoga bermanfaat…

  34. @Senolinggi: Coba klik ‘mrharibudiman’ di YOUTUBE

  35. @siti ulfah fauziah: Semoga cepat sembuh…

  36. mohon penjelasan prosesnya? orang tua saya sekarang napasnya terasa sesak, dan keluar kencingnya sedikit-sedikit. pernah opname dan pasang kateter. mohon bantuan informasi, bagaimana proses penyiapan daun sukunnya.

  37. @Akbar Yusuf: Coba baca artikel “DAUN SUKUN SEMBUHKAN SAKIT GINJAL DAN JANTUNG” di sana diterangkan prosesnya.

  38. saya sakit ginjal dan darah tinggi,apakah bisa sembuh sama daun sukun

  39. @Nurul H: silakan dicoba… Secara empiris daun sukun bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan mengendalikan laju kolesterol. Disamping itu daun sukun dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit lain seperti hepatitis, sakit gigi, liver, gatal-gatal, pembesaran limpa, dan sakit jantung.

  40. Trimakasih informasinya…….
    Semoga dengan meminum ramuan herbal Daun Sukun, Ayah saya lekas sembuh.
    Amin….

  41. @Hadi Setyo S: Amiin… Semoga bisa disembuhkan

  42. apakah hanya cukup minum teh daun sukun saja sudah bisa sembuh?berarti kita msh boleh makan apapun kalu sudah minum teh daun sukun?padahal kalau penderita ginjal makananx harus g boleh sembarangan

  43. @Arnova: setiap penderita penyakit yang sudah kronis, seyogianya ia tahu harus berpantang makan apa agar penyakitnya tidak semakin menjadi :)

  44. gorengan, santan ,kue jenis apapaun ,jangan makan yang kental kental dan rutin makan rebusan ikan gabus yang penting rebusan dan sedikt sebagai penambah tenaga makanlah buahan yang berair sedikit demi sedikt OK

  45. @Hendry: Terimakasih atas tambahan informasinya, silakan yang menderita penyakit ginjal mungkin bisa mencobanya. Semoga tipsnya bermanfaat untuk pasien sakit ginjal.

  46. Mang Dadang Kalijati : kadar PH pada air rebusan daun sukun bisa meningkat manakala di campur dengan kunyit, rosella dan kumis kucing, insya Allah aman dan lebih berkasiat untuk ginjal, kolesterol dan hipertensi.

  47. @Mang Dadang : Terimakasih atas tambahan informasinya tentang kunyit, rosella, dan kumis kucing berkaitan dengan penyakit ginjal, kolesterol, dan hipertensi :)

  48. apakah boleh d campur obat/jamu tradisional lain …

  49. @ChrizTyne TraLala : Contohnya dicampur dengan jamu / obat tradisional apa ? Kalau mau konsumsi beda obat herbal, coba selisihkan waktunya sekitar 2 jam. Jangan lupa perbanyak minum air putih.

  50. informasi yang banyak dinantikan termasuk saya, mohon perincian jumlah/komposisi nya berapa lembar daun arisnya seberapa? makasih
    dr wawan kebumen

  51. terima kasih atas informasinya,untuk anak usia 5 thn takarannya atau minumnya berapa gelas?anak saya menderita pembengkakan ginjal dan infeksi saluran kemih .sebelumnya terima kasih atas jawabannya dari budi cipondoh tangerang

  52. @Budi Hartono : Coba konsumsi 1/3 sampai 1/2 takaran orang dewasa, semoga lekas sembuh. Baca juga artikel tentang akar alang-alang : http://daunobat.wordpress.com/2011/07/05/alang-alang-obat-asma-prostat-dan-radang-paru-paru/

  53. oy mkash infonya tp yang dimaksud daun sukun (yng buahnya sukun bsa digoreng bkn)

  54. @Ntus : Terimakasih atas kunjungan Anda di blog Obat Tradisional Indonesia. Betul, sukun yang sering dimanfaatkan sebagai cemilan (makanan kecil). Daun sukun dapat dimanfaatkan sebagai obat.

  55. Saya sdh coba rebusan daun sukun dan efektif menghilangkan rasa kesemutan di tgn kiri dan nyeri di dada kiri. Saya kuatir sdh terserang stroke krn menurut literatur yg saya baca itu tanda2 stroke. Setelah minum hampir 1 bulan, kesemutan itu dan nyeri dada kiri jadi hilang. Alhamdulillah ternyata khasiat daun ini sebagai ciptaan Allah saya yakin benar. Tidak mungkin Allah menciptakan sesuatu tiada bermanfaat..

  56. ”trimakasih infonya semoga bermanfaat bgi smua nya amin ”

  57. ok thanx

  58. makasih mas….artikelnya semoga bermanfaat. Amin


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: