Oleh: OBAT TRADISIONAL INDONESIA | 30 November 2008

DAUN SUKUN SEMBUHKAN SAKIT GINJAL DAN JANTUNG

tumbuhan sukun

Sukun termasuk dalam genus Artocarpus (famili Moraceae) yang terdiri atas 50 spesies tanaman berkayu, yang hanya tumbuh di daerah panas dan lembab di kawasan Asia Tenggara dan kepulauan Pasifik. Buahnya berbentuk bulat berkulit tebal dan kasar, dengan warna hijau muda dan kuning dengan berat sekitar 1,5 – 3 kg. Buah sukun bisa digunakan untuk bahan pangan. Orang biasa memanfaatkannya untuk makanan ringan, semisal direbus, digoreng, atau dibuat keripik dan kolak. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai bahan baku tepung dan mi.
Tak banyak orang yang menanamnya. Selain kurang “menjual”, masyarakat belum begitu tahu manfaat tanaman tersebut. Sering dijumpai orang menebang pohon tersebut di pekarangannya, dan menggantinya dengan tanaman lain seperti pisang atau mangga. Tapi sesungguhnya sukun sangat bermanfaat. Daunnya mempunyai khasiat buat kesehatan, efektif untuk mengobati berbagai penyakit seperti liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembesaran limpa, jantung, dan ginjal. Bahkan, masyarakat Ambon memanfaatkan kulit batangnya untuk obat mencairkan darah bagi wanita yang baru 8-10 hari melahirkan.

Daun tanaman tersebut mengandung beberapa zat berkhasiat seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, riboflavin, dan sebagainya. Zat-zat ini juga mampu mengatasi peradangan.

Menyelamatkan Ginjal

Ada juga yang menjadikan daun tersebut sebagai alternatif untuk menyelamatkan ginjal yang sakit. Caranya mudah, tapi harus telaten. Langkah awal, siapkan tiga lembar daun yang berwarna hijau tua, namun masih menempel di dahan. Kemudian cuci bersih pada air mengalir. Selanjutnya dirajang lalu jemur sampai kering. Siapkan pula wadah lalu isi dengan air bersih dua liter. Usahakan wadah tersebut terbuat dari gerabah tanah liat, tapi jika pun tak ada bisa juga memakai panci stainless steel. Masukkan dedaunan kering itu lalu dimasak sampai mendidih, sisakan air tersebut sampai volumenya tinggal separuh.

Selanjutnya, tambahkan air bersih satu liter, dan didihkan lagi sampai separuh. Kemudian saringlah rebusan daun sukun itu. Warna airnya merah, mirip teh. Rasanya agak pahit. Silakan diminum sampai habis, tak boleh disisakan untuk kesesokan harinya. Demikian seterusnya.

Agar tidak repot bolak-balik mengambil tiga lembar daun, sebaiknya sediakan rajangan daun sukun kering untuk seminggu. Caranya, siapkan lembar daun hijau tua sebanyak 3 x 7 = 21 lembar. Proses selanjutnya persis seperti cara di atas, sehingga kita punya sejumlah rajangan daun sukun kering, tapi dibagi-bagi menjadi tujuh bungkus.

Tiap hari ambil sebungkus, rebus, saring, dan minum. Jika Anda termasuk tak tahan pahit, bisa ditambahkan sedikit madu setiap kali minum.

Mengobati penyakit jantung

Daun sukun juga bisa untuk mengobati penyakit jantung. Caranya, ambillah satu lembar daun sukun tua yang masih menempel di pohon. Daun sukun tua mempunyai kadar zat kimia maksimal.

Cucilah sampai bersih lalu dijemur hingga kering. Kemudian rebus sampai mendidih dengan lima gelas air dan sisakan sampai tinggal separuh. Tambahkan air lagi hingga mencapai volume lima gelas. Tunggu hingga mendidih, dinginkan setelah itu disaring, rebusan air itu siap diminum dan harus habis tak bisa disisakan untuk esok hari.

Beberapa pakar obat tradisional memang meragukan khasiat daun sukun. Namun masyarakat sudah percaya dan membuktikan khasiat daun sukun yang dapat menyembuhkan penyakit jantung dan ginjal.

Dalam buku Koleksi Tumbuhan Obat Kebun Raya Bogor, tanaman ini tidak termuat. Satu-satunya literatur yang mengungkap efek diuretik dan kardiotonik sukun hanya buku Indian Medicinal Plants. Itu pun hanya menyangkut buahnya. Apakah bahan kimia yang dikandungnya itu berkhasiat ?

Tentu saja masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut oleh pihak-pihak yang terkait, karena memang obat tradisional dari tanaman dipercaya walaupun awalnya hanya cerita dari mulut ke mulut. Jadi, penelitian itu amat penting bagi dunia kesehatan.

Untuk membeli bermacam kapsul herbal, silakan Klik di Sini.

About these ads

Responses

  1. Viva daun obat, viva Indonesia…
    http://herba-therapy.blogspot.com

  2. semoga pemerintah segera menambah alat / mesin cuci darah, supaya cuci darah bisa murah dan terjangkau oleh semua kalangan…. karena sampai saat ini cuci darah masih relatif mahal, padahal orang gagal ginjal blum tentu orang yg banyak duit…

  3. cari di mana ya daun sukun apa lagi di kota jkt ini

  4. Sukun banyak di dapat di daerah Purwakarta, Jawa Barat, perbatasan dengan Cikampek, Karawang.

  5. Dari cerita teman saya yg pernah alami sakit liver dan selama 8bln tidak masuk kerja, selama dalam kurun 4 bulan dengan ramuan daun sukun kering yg jatuh dgn sendirinya bukan dipetik. Perubahan kesehatan bertahap membaik secara pasti, padahal dokter rumah sakit Karang Menjangan Surabaya memfonis harapan sembuh tipis, maka disarankan dirawat dirumah, anehnya dengan mengkonsumsi daun sukun kering yg direbus dicampur gula batu, takaran 7 lembar daun sukun kering (warnanya merah, jika jatuh dgn sendirinya dari pohon) yg dibersihkan dahulu kemudian direbus campurkan gula batu secukupnya, dinginkan kemudian saring, minum 3x sehari segelas besar/ seukuran botol air mineral 1 liter. Diminum secara rutin, adakah pihak yg perduli untuk melakukan penelitian yg kemudian di hak PATEN kan atas nama INDONESIA agar bermanfaat bagi dunia kesehatan utamanya bangsa sendiri, sebelum nanti diakui negara lain yg suka bgt ngaku ngaku..adakah kalian perduli atas seruan ini demi NUSANTARA TERCINTA. Hanya seruan yg saya mampu lakukan tak lebih, semoga ada pihak yang PERDULI, matur nuwun..

  6. Ditempat saya bnyk daun sukun.Hub aja saya, 085260471073

  7. Sya sakit pnggang sbelah kiri, ada ga selain sukun ?

  8. tolong…ada pelatihan usaha mandiri mengenai obat tradisional dan ijine mbok yang mudah serta murah………..tentu aja dng standrat yg pasti

  9. ayah saya sakit jantung, dan sesak napas

  10. Hehe!! di pasar tu ada buah sukun
    mau cari daunya ya! di desa man” gratis lagi
    n kalau petik sendiri dapat bonus di gigit smut merah juga bagus tuk fungsikan jari2 yg lagi yg tak mau banyak bergerak hiihiihii
    Salam daun sukun

  11. Semoga dengan adanya daun sukun banyak orang terlong,

  12. Yth. rekan-rekan herbalis.
    Untuk membantu proses penyembuhan berbagai penyakit termasuk jantung, diabetes, stoke, darah tinggi dan lain-lain, kiranya perlu pemilihan obat alternatif secara bijaksana.
    Black Cummin BIO NIGEL kiranya dapat dipertimbangkan sebagai alternatif untuk membantu proses penyembuhan berbagai keluhan penyakit.
    Perlu diingat bahwa pemilihan obat alternatif kiranya agar tidak lupa memperhatikan apakah produk tersebut ada ijin edar dari Badan PO RI atau tidak, jika tidak ada maka perlu diwaspadai.
    Terima kasih
    omyosa

  13. mantap blognya kunjung balik bloku ya,,boleh izin copy artikel blognya

    http://yoyon12.wordpress.com

  14. Di pinggir kota Jakarta masih banyak kok pohon sukun. Coba cari disekitar ciledug.

  15. Terima kasih atas informasinya,

  16. gunakanlah berbagai obat tradisional coz obat tradisional tak menimbulkan efek samping…….

    ramuan obat tradisional di jamin dapat membantu berbagai penyakit……..

  17. trimakasih
    ini sangat bermanfaat
    apa bisa diminum buat pencegahan sbelum menderira

  18. Nice info,,. Thanks….

  19. Senang bisa menemukan link ini. Tapi ada yang bilang bahwa daun sukun yang bermanfaat itu harus yang jatuh sendiri, berarti cukup tua dan bukan yang baru dipetik lalu diolah jadi kering dlsb. Gimana ini? Apakah betul harus yang sudah jatuh berserakan ditanah yang digunakan? Mohon penjelasan.

  20. selain sukun apa ya

  21. sebaiknya pilih daun sukun yang memiliki warna hijau mencolok alias tidak terlalu tua ataupun terlalu muda. “Kandungan klorofil atau zat hijau daun sukun itulah yang bermanfaat untuk kesehatan”

  22. You are welcome… Silakan kunjungi http://daunobat.blogspot.com saya menyediakan ratusan obat tradisional untuk berbagai penyakit

  23. Yang bermanfaat utk ginjal, misal : daun keji beling, daun kumis kucing, daun tempuyung. Jangan lupa perbanyak minum air putih. Coba klik “mrharibudiman” di YOUTUBE, silakan baca daun2 yg bermanfaat untuk ginjal & jantung pada tautan di bawah video. Semoga bermanfaat.

  24. Silakan untuk pencegahan, jangan lupa perbanyak minum air putih. Coba klik ‘mrharibudiman’ di YOUTUBE, Anda akan menemukan berbagai obat herbal dan manfaatnya. Sukses.

  25. @Adhela: yup… ayo galakkan obat herbal, konsultasi dan pembelian obat herbal/obat tradisonal bisa ke: http://herba-therapy.blogspot.com

  26. sama2…

  27. @Santo: Semoga tumbuhan ini tetap lestari dan mudah didapat…

  28. @Yoyon Ugang sayu: Terimakasih…

  29. @Rudiyono: Semoga Mas…

  30. @Yanto: Semoga cepat sembuh…

  31. @Asep Sony: Silakan coba tempuyung, keji beling atau kumis kucing

  32. Makasih tas infonx !! N pngen tau tuk obat jantung tu setelah ditambah 5 gelas air,, apa perlu dimasak lagi atau air yang udah masak z dikasih tambahannx ?? Gw tunggu x !! Makasih sebelumnya…

  33. @Kevin: Setelah air rebusan tinggal setengah tambahkan air lagi sampai jumlah semula, tunggu sampai mendidih baru matikan pemanasnya. Sebaiknya alat untuk merebusnya bukan yang terbuat dari logam.

  34. Daunobat: kalo mau cari daun sukun kering d mana? Perlu sekali, krn ayah sy sakit jantung, bs mendapatkan d mana. Mhn responya.

  35. @Yani : Menurut saya, pohon sukun sudah menyebar di seluruh bumi Indonesia. Anda berada di mana ? Di belakang rumah saya juga ada :)

  36. semoga resep ini bermanfaat

  37. @Evoy Thea: Amiin

  38. semoga obat ini bisa menyembuhkan total…..
    amiiin…

  39. saya juga mau kasih resep untuk yang punya penyakit jantung, saling berbagi resep, ini dari temurun nenek moyang bila ingin mengobati atau mencegah penyakit jantung, ambil daun sirih tujuh lembar dan dicuci hingga bersih dilipat-lipat kecil dan dikunyah dan ditelan, rasanya memang pedas dan agak getar tapi manfaatnya bagus untuk kesehatan tubuh, bagi penderita sebaiknya 1 hari 3 kali makan, dan untuk pencegahan seminggu 3 kali makannya, silahkan mencoba karna baik untuk kesehatan gigi, jantung, remantik, dan menghilangkan bau badan yg tak sedap, silahkan mencobaaa………………

  40. saya juga mau kasih resep bagi kita semua untuk obat sakit jantung atau yang baru mengalami gejala penyakit jantung, apabila kita punya pohon kemangi yang udah tidak produktif lagi dapat digunakan untuk obat penyakit jantung caranya, cabut pohon kemangi tersebut dengan akar-akarnya, di cuci agar bersih dari tanah, masukan ke dandang yang besar dan diisi dengan air penuh direbus hingga mendidih, setelah agak dingin saring air tersebut dan disimpat dalam botol untuk dikomsumsi 1 hari 3 kali minum dengan 1 gelas, selamat mencoba semoga bermanfaat .yaaaa…

  41. @Rany: Amiin… Semoga bisa menyembuhkan.

  42. @Rizki: Terimakasih… kenapa harus 7 lembar, ini mungkin berkaitan dengan filsafat Jawa yang adiluhung. Dari 7 lembar daun sirih (7 = pitu, dalam bahasa Jawa), arti yang terkandung di dalamnya adalah yang mengonsumsinya sedang berserah diri untuk mendapatkan (pitu)lungan = pertolongan. Ia sedang memohon pertolongan pada Yang Maha Kuasa :)

  43. @Sri: Terimakasih atas tambahan resepnya… Semoga dapat bermanfaat untuk orang lain. Amiin.

  44. tadi disebutkan bs untuk obat liver,caranya gimana?thank,s bngt infonya…………………

  45. bagi yang susah mendapatkan daun sukun,daun sukun kering bisa di beli di toko babah kuya belakang pasar baru bandung,harganya relatif murah..smga bermanfaat

  46. @Elisabet SS: caranya sama saja, cuma efek penyembuhannya ke liver

  47. @Nina: hallo.. hallo Bandung, neh ada info tentang daun sukun.. makasih yaaa

  48. trims atas info daun sukun yg banyak khasiatnya. kalau banyak tanaman bahan obat herbal kenapa masyarakat tidak digerakkan utuk menanamnya ? Bagaimana Pemda-2 tidak tergerak menganjurkan menanam tanaman herbal (misalnya sukun) di pinggir jalan, dari pada hanya buah-buahan saja ! Jika di kota-kota banyak tanam
    an bahan herbal yang besar-2 batangnya seperti sukun, mahoni dll tentu banyak manfaatnya.

  49. @Apoung: Sama-sama… Di beberapa tempat di daerah saya, mulai terlihat ada yang menanam pohon sukun di pinggir jalan. Sayangnya, bukan generasi muda yang menanam, justru orang-orang tua yang mungkin lebih membutuhkan manfaat daun sukun.

  50. untuk penyajit ginjal pengobatannya sampai berapa lama? say pernah kena ginjal, sekarang kadang2 sering nyeri bila kurang minum. dan apakah itu bisa menghancurkan batu ginjAL? trimakasih

  51. @Jady: Ada yang sudah memanfaatkan daun sukun, setelah 3 bulan bisa sembuh total dari penyakit ginjal. Untuk menghancurkan batu ginjal, Anda bisa ambil manfaat daun keji beling, kumis kucing, tempuyung, dll. Perbanyak air putih, kalau bisa air matang dari rebusan; bukan air yg berasal dari kemasan. Terimakasih kembali.

  52. Artikel obat tradisional di Daun Obat sangat berguna untuk melesterikan kakayaan obat tradisional asli indonesia. Semoga lebih banyak membantu masyarakat dengan informasinya…

  53. @Budi Majid: Terimakasih atas atensinya. Semoga masyarakat Indonesia semakin ‘tergelitik’ untuk memanfatkan obat tradisional Indonesia. Karena secara empiris sudah banyak yang membuktikan khasiatnya, disamping harganya yang lebih murah.

  54. mertua sy terkena penyakit lemah jantung dan adik ayah sy terkena penyakit jantung takikardi.apakah resep dan cara pengobatannya sama krn sm2 penyakit jantung…ataukah ada perbedaan resep utk berbagai mcm penyakit jantung….?mohon info resep jg cara pengobatannya jg…trm kasih

  55. Saya ada penyakit jantung koroner dan sudah dipasang cincin sebanyak 2 bh apakah penyakit saya dapat disembuhkan dengan minumair dari rebusan daun suikun………….? e-mail saya mastoek@gmail.com makasih atas jawabannya
    salam sukses selalu
    mastoek

  56. @Yuni : Coba konsultasikan dengan dokter atau herbalis yang lebih ahli. Pada dasarnya saya mempercayai bahwa ramuan yang berasal dari daun sukun (obat herbal) mempunyai efek samping yang minimal atau hampir tanpa efek samping dibanding obat kimia pabrik, jadi tidak ada salahnya untuk dicoba. Walaupun saya berkeyakinan juga bahwa ramuan yang berasal dari rebusan daun sukun manfaatnya telah dirasakan oleh orang yang mengalami gangguan berkenaan dengan menumpuknya kolesterol pada aliran darah, hal inilah yang menurut saya diatasi oleh daun sukun. Yaitu membersihkan pembuluh darah yang menuju jantung dari tumpukan2 kolesterol. CMIIW

  57. @Mastoek : balonisasi atau pemasangan balon pada pembuluh darah, juga pemasangan ring atau cincin tidak menutup kemungkinan tersumbatnya kembali pembuluh darah yang menuju ke jantung. Rebusan daun sukun secara empiris telah menyembuhkan banyak orang yang mengalami gangguan penyakit jantung. Tidak ada salahnya Anda mencoba ramuan ini disamping menjaga pola makan. Semoga penyakit jantung Anda sembuh.

  58. mertua sy kena gagal ginjal stadium 2,skrg hrs cuci darah 1mgu 2X…apa dgn mnm ramuan daun sukun ini bisa sembuh???oia,mertua sy jg ada darah tggi,apa g pengaruh tuh???
    klo bisa blz k email sy yach..
    thessa290909@yahoo.com

  59. @Thessa : Dalam beberapa artikel, secara empiris, orang yang sembuh karena daun sukun adalah orang yang belum sampai tahap cuci darah. Tetapi tidak ada salahnya, kalau mau mencoba meminum rebusan daun sukun. Salah satu fungsi pohon sukun (kulit batangnya) adalah untuk mencairkan darah, hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat Ambon pada ibu setelah melahirkan. Dengan cairnya darah, aliran darah dalam pembuluh bisa lancar. Semoga ramuan daun sukun tidak menyebabkan darah tinggi-nya kambuh, sebaliknya bisa menormalkan tekanan darahnya; karena aliran darah dalam pembuluh yang tidak terganggu.

  60. thank you atas informasinya semoga bermanfaat bagi penderita penyakit jantung

  61. @Ardo : Sama-sama terimakasih, semoga kita semakin bisa merasakan manfaat dari tanaman obat tradisional Indonesia :)

  62. okee,terimakasih atas solusinya, saya akan mencobanya, . . .
    mohon do”anya semoga berhasil ea pengobatannya.
    Thank”s for all. . ..

  63. @ saya sangat tertarik dengan artikel ini tapi sayangnya saya nda tahu bentuk pohon, buah & daunya gimana, cox saya tinggal di luar jawa alias Sulut – Manado, bisa nda tampilkan gambarnya…. please… tx atas bantuannya….wassallam

  64. Untuk obat jantung kira-kira berapa lama harus mengkonsuminya ?

  65. Saya mengalami sakit jantung apakah bisa minum air daun sukun. Gmn cara’a.

  66. @Fitri : Oke, sama-sama terimakasih. Semoga berhasil.

  67. @Potabuga : Silakan ke Google Search Engine dengan komputer atau laptop yang terkoneksi internet, lalu ketik : daun sukun (di kotak pencarian). Kalau tidak didapatkan gambar daun sukun, klik gambar/images di sebelah kiri atau atas display Anda :)

  68. @Purnama : Silakan konsumsi hingga sebulan dulu, ada perbedaan tidak ?

  69. @Marwan : Silakan baca artikelnya :)

  70. terimakasih, infonya bermanfaat

  71. suamiku sudah 1 th gagal ginjal dan cuci darah 2x seminggu, minumnya harus dibatasi karena kalo kebanyakan akan terjadi penumpukan cairan dan bisa sesak nafas. padahal diresepnya harus minum 2 liter setiap hari. saya ingin coba pengobatan dengan daun sukun tapi adakah yang ekstraknya saja biar tidak over cairan.

  72. @Obat herbal : Terimakasih juga atas kunjungan Anda ke blog OBAT HERBAL NUSANTARA.

  73. @Arinta : Maaf, hingga sekarang saya belum mendapat informasi tentang ekstrak daun sukun atau daun sukun yang dikapsulkan :(

  74. mamahku sih gx tau sakit ginjal atau gx nya tapi katanya sih sakit di bagian ginjal tapi semoga jadi gx sakit lagi ya !! “AMIEN” :) :)

  75. @Izzah Ramadhan : Amiin… :)

  76. Kren… abis.

  77. @Sigit Herbal : Terimakasih atas kunjungan Anda di blog Obat Tradisional Indonesia, semoga tanaman obat tradisional Indonesia semakin banyak dimanfaatkan.

  78. thnx infonya ya,sangat2 berarti bgt.. kebtln ortu dlm 1bln ini terkena serangan jantung smp 3x msk rmh skt, pdhl tdnya tdk pernah pny keluhan apa2.. semoga atas izin allah swt ini menjadi obat tuk ksmbhn bokap.minta doanya ya.. mksh

  79. @Vanya : Semoga atas ijinNYA dengan perantaraan daun sukun, bisa menyembuhkan bapakmu. Amiin.

  80. Dianjurkan bagi penderita penyakit jantung dan ginjal untuk mengurangi atau tidak mengkonsumsi makanan yg asin/bergaram/gurih/berpenyedap rasa, plus gunakan ramuan rebusan daun sukun,InsyaAllah atas pertolongan Allah nanti akan sembuh..amin ya rabb..

  81. saya mengalami penyakit batu ginjal,setelah minum rebusan daun
    keji beling dan daun kumis kucing selama 4 hari berturut-tirut
    (1 hari 3x) alhamdulilah batu ginjalnya keluar.untuk pencegahan
    saya masih rutin minum obat herbal tsb.

  82. @Suhartomo : Untuk keluhan batu ginjal, banyak orang yang memanfaatkan tumbuhan kumis kucing dipadukan dengan tumbuhan keji beling bisa sembuh. Tanaman lain yang banyak dimanfaatkan untuk menghancurkan batu ginjal adalah tempuyung. Selamat pak atas kesembuhan Anda, untuk jaga-jaga konsumsinya boleh dikurangi; misal menjadi sehari satu kali minum.

  83. Alhamdulillah ..makasih untuk informasi nya …
    Dengan informasi ni saya bisa mengetahui manfaat dari daun sukun ini :)

  84. saya pernah mengalami sakit ginjal dengan hasil Lab ureum 115 n creatinin 13.stlh pulang dr RS saya menjalani pola makan vegetarian dan minum rebusan daun sukun sehari 1 gelas.Puji Tuhan selama 3bln ureum n creatinin saya berangsur2 turun dan skrg stabil nilai normal.semangat u/sembuh!!

  85. apakah menggunakan daun sukun untuk penderita ginjal tidak ada ketentuan sampai beberapa hari?saya pernah baca katanya hanya sampai 10 hari, akhirnya penggunaannya dihentikan…ternyata kondisinya mlah smakin buruk.mohon penjelasannya…trmaksih…

  86. Terima kasih resepnya, semoga bermanfaat untuk semua. Indonesia kaya akan obat obatan tradisional, tinggal kita aja yang harus yakin dan percaya bahwa tuhan menciptakan tumbuhan pasti ada manfaatnya. Lebih baik minum ramuan tradisional dari pada obat2tan yang mengandung bahan kimia, malah tambah bikin rusak ginjal kita. TQ

  87. mau tanya …
    senyawa kimia apa yang terdapat dalam daun sukun sehingga dapat menyambuhkan sakit ginjal ya….. ???
    mohon dijawab….

  88. @Zazahra : Kandungan kimia daun sukun, silakan baca di artikel saya yang lain : http://daunobat.wordpress.com/2008/11/22/daun-sukun-penyelamat-ginjal/#more-3

  89. sip.. thanks atas infox… semoga bermanfaaat….

  90. ada yang punya penyakit dalam? saya bisa bantu tempat berobatnya…bagi2 info aj ya soalnya saya lagi berobat juga dan insyaalah mudah2an sembuh sms aj 087772169382 (semoga bisa bantu)

  91. joz…murah meriah berkhasiat..

  92. Di ambon daun sukun jadi sampah tuuu, padahal termasuk obat yang tidak terurus.

  93. sering liat tanaman ini, tapi gatau manfaatnya..
    sekarang jadi tau deh..terimakasih ya :)

  94. Makasih mas atas imponya,…….smg bermanfaat bgi saudara2 kita…..

  95. Attractive section of content. I just stumbled upon your weblog and
    in accession capital to assert that I acquire actually enjoyed account your blog posts.
    Any way I’ll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently fast.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: