Oleh: OBAT TRADISIONAL INDONESIA | 18 November 2011

Tanaman Gandarusa Obat Asam Urat

gandarusa

gandarusa

Tumbuhan Gandarusa (Justicia gendarussa) mempunyai manfaat spesifik yang belum diketahui banyak orang, terutama para pengguna dan penyedia obat herbal. Khasiatnya sebagai obat asam urat teruji sampai 95 %.

Untuk urusan penyakit asam urat, bisa dikatakan tanaman gandarusa menjadi tanaman obat di garda depan. Setidaknya hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Katrin, Berna Elya, Juheini Amin, dan Mia Permawati dari tim peneliti Jurusan Farmasi UI, Depok.

Dari penelitian tersebut diperoleh angka hingga 95,66% keampuhan tanaman Gandarusa dalam menurunkan kadar asam urat. Artinya, hampir mendekati daya sembuh alopurinol, salah satu obat modern yang digunakan untuk mengobati penyakit asam urat.

Daun Gandarusa

Bagaimana cara mendapatkan ekstrak Gandarusa dalam penelitian ini? Pertama pilihlah daun Gandarusa yang sudah berumur 9 bulan. Cuci bersih dengan air mengalir, lalu diangin-anginkan hingga kering. Kemudian dimasukkan ke dalam oven pengering, patok pada suhu 40 derajat celcius. Kemudian daun Gandarusa kering  diayak hingga diperoleh sekitar 100 gram serbuk kering. Selanjutnya menambahkan 200 ml air hingga serbuk Gandarusa basah.

Setelah itu rebus dengan menambahkan lagi air sebanyak 1 liter selama 15 menit dengan suhu 90 derajat celcius. Sesekali aduklah rebusan itu agar campuran merata. Lalu dinginkan. Setelah itu ramuan disaring dengan kain bersih, untuk mendapatkan hasil saringan yang bagus gunakanlah kain flanel. Ampas sisa rebusan dapat digunakan hingga 4 kali dengan cara yang sama. Bila akan disimpan dalam waktu yang agak lama, hasil saringan diuapkan pada pemanas dengan suhu 50 derajat celcius sampai diperoleh ekstrak yang kental.

Namun untuk mendapatkan khasiat tanaman Gandarusa, tak berarti harus mengikuti langkah-langkah di atas. Para herbalis punya cara yang lebih mudah.  Yakni merebus 30 – 60 gram daun Gandarusa segar atau 15 sampai 30 gram daun Gandarusa kering dengan air sebanyak 6 gelas, direbus hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Setelah dingin dan disaring, air diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Khasiat tumbuhan gandarusa sebagai obat nyeri sendi atau obat rematik diungkapkan juga oleh Setyoko, seorang pelestari aneka tanaman obat di Jagakarsa, Jakarta Selatan. “Seorang pelanggan sudah merasakan khasiat daun gandarusa. Setelah meminum rebusannya, sakit persendiannya berangsur sembuh,” ungkap Setyoko.

Menurunkan Kadar Asam Urat

Untuk memastikan efektifitas Gandarusa dalam menurunkan kadar asam urat, Katrin dan kawan-kawan melakukan metode kolorimetri dengan pereaksi enzimatik. Pereaksi yang digunakan adalah Randox mengandung urikase dan peroksidase. Metode ini dianggap paling sederhana, selektif, dan spesifik dalam menentukan kadar asam urat cairan biologis.

Dengan metode ini, kadar asam urat diukur dengan spektrofotometer. Mekanisme kerjanya, Randox yang mengandung urikase bakal memancing terjadinya oksidasi asam urat sehingga terbentuk hidrogen peroksida. Zat ini lalu bereaksi dengan diklorohidrosibenzensulfonat (DCHBS) dan p-aminofenazon (PAP). Hasilnya berupa senyawa yang mempunyai gugus kromofor. Yakni quinonimin. Reaksi ini hanya akan terjadi jika ada katalis peroksidase yang dimiliki oleh Randox tadi.

Bukti sahih di atas semakin menguatkan peran Gandarusa sebagai obat asam urat. Namun jika Anda tertarik untuk mencoba, tetap harus diperhatikan efek sampingnya. Hal ini karena Gandarusa mengandung senyawa gendarusin A yang bisa menghambat sekresi enzim hyluronidase pada sel sperma. Padahal peran enzim ini penting dalam memuluskan penetrasi sperma menembus dinding sel telur. Bila ini terhambat proses pembuahan bisa terganggu. PENGGUNAAN PADA ORANG YANG MASIH MENGHARAP KETURUNAN, TIDAK DISARANKAN.

Sementara menurut Setyoko, selain bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat, Gandarusa mempunyai khasiat lain. Seperti membantu pengobatan patah tulang dan bisul.

Khasiat lainnya, menyembuhkan memar dan keseleo. Anda hanya perlu daun gandarusa segar yang diolesi dengan minyak , lalu layukan di atas api. Kemudian tempelkan pada tubuh yang sakit (Sumber : Flona).

Untuk membeli ratusan jenis kapsul herbal, silakan Klik di Sini.

About these ads

Responses

  1. info sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan

  2. @rumahherbalalami : Terimakasih atas kunjungan Anda di blog Obat Herbal Indonesia.

  3. Semoga obat tradisional asli Indonesia makin banyak dikenal dan dijadikan pilihan untuk merawat kesehatan tubuh kita

  4. @Ramuan ObatTradisional : Semoga Obat Tradisional Indonesia bisa berjaya, setidaknya bisa dikenal oleh orang-orang umum di negerinya sendiri : Indonesia.

  5. Klo ada berita baru ug ramuan herbal beritau aq ya,?

  6. sepertinya cukup sulit juga untuk menemukan tanaman ini di daerah saya nich

  7. Wah artikel menarik tentang tanaman obat. Terima kasih

  8. kalau di sunda, gandarusa tanaman apa ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: