Oleh: OBAT TRADISIONAL INDONESIA | 29 Juli 2011

Khasiat Tumbuhan Sarang Semut

Tanaman sarang semut (Myrmecodia pendans) sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk pengobatan. Tanaman epifit yang banyak tumbuh di Papua ini diyakini mampu mengobati berbagai penyakit berat, seperti kanker, hipertensi, diabetes, liver, asam urat, dan penyakit jantung.

Kenyataan tersebut cukup beralasan, karena secara empiris telah banyak penyakit yang dapat disembuhkan dengan obat herbal sarang semut. Apalagi setelah ada berbagai penelitian ilmiah yang mampu membuktikan khasiat tanaman sarang semut.

Salah satu penelitian dilakukan oleh sejumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM). Hasil penelitiannya adalah obat tradisional sarang semut mampu menghambat bahkan membunuh sel kanker.

Penelitian membuktikan khasiat sarang semut untuk pengobatan kanker, hal ini terungkap setelah diteliti obat herbal sarang semut dapat digunakan sebagai obat alternatif kemoterapi kanker payudara dengan efek samping yang minimal.

Pengobatan dengan obat tradisional sarang semut tidak begitu memakan biaya dan efek sampingnya minimal dibanding kemoterapi yang makan banyak biaya serta mempunyai efek samping bermacam-macam.

Ide penelitian dilakukan berawal dari melihat pengobatan kanker dengan cara kemoterapi yang membuat banyak penderita penyakit kanker menghentikan terapi, karena mengalami beberapa efek samping. Harapannya dengan menggunakan obat herbal sarang semut, hasilnya dapat mengurangi efek samping penderita kanker.

Sarang semut diketahui mengandung flavonoid dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan, sehingga sangat baik untuk pencegahan penyakit kanker. Selain itu, sarang semut juga mengandung tokoferol dan alfa-tokoferol , zat dengan dengan aktifitas tinggi yang mampu menghambat radikal bebas.

Dari hasil uji sitotoksik diketahui ada aktifitas terhadap sel kanker setelah direaksikan dengan ekstrak sarang semut. Ekstrak sarang semut terbukti mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, bahkan terbukti bahwa ekstrak sarang semut dapat membunuh sel kanker melalui mekanisme apoptosis : mematikan sel kanker dengan cara terprogram tanpa menimbulkan rasa sakit pada penderita kanker.

Setelah melalui uji sitotoksik dapat terlihat tumbuhan sarang semut mampu menghambat bahkan mematikan sel kanker dengan tidak memecahkan sel kanker yang menimbulkan peradangan yang bisa membahayakan kesehatan pasien kanker.

Catatan :

– Tumbuhan sarang semut diyakini sebagai obat kanker yang ampuh.

– Obat herbal sarang semut mengobati penyakit diabetes.

– Obat tradisional sarang semut dapat mengobati penyakit jantung.

– Tanaman sarang semut mampu mengatasi penyakit hipertensi.

– Sarang semut adalah obat herbal penyakit asam urat.

– Obat herbal sarang semut menyembuhkan penyakit liver.

– Obat herbal sarang semut juga diyakini dapat mengobati penyakit rematik, ginjal, tumor, kista, migrain, ambeien, stroke, TBC, dan leukimia. (Diambil dari harian Suara Merdeka dan sumber lain).

Anda butuh kapsul berbahan tumbuhan sarang semut atau kapsul herbal lain ? Silakan Klik di Sini.


Responses

  1. di mana yah saya bisa mendapatkan obat sarang semut dan daun keladi tikus ???

  2. @Kaka : Di setiap artikel ada link untuk membeli obat herbal, silakan klik link untuk membeli kapsul berbahan tumbuhan sarang semut, keladi tikus, dan berbagai macam kapsul herbal lainnya. Silakan di-klik saja🙂

  3. punya metode uji sitotoksik nya? makasih~😀

  4. Salam kenal dan sukses selalu…semoga obat herbal bisa menjadi obat alternatif pengobatan medis yang bisa dikatakan lumayan mahal🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: